Artikel Manajemen Trasportrasi, Produk & Kewirausahaan
TATA CARA PENENTUAN ROUTE/TRIP KENDARAAN PENGANGKUT KIRIMAN
•Karakteristik model untuk masalah penentuan rute kendaraan
•Model penentuan rute kendaraan
PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI UNTUK PERENCANAAN RUTE DAN MODA
TATA CARA MENGAJUKAN KLAIM KEHILANGAN ATAU KERUSAKAN BARANG
•Klaim atau complain
•Prosedur penanganan klaim di udara
•Prosedur penanganan klaim di laut
•Kehilangan koli
•Kerusakan atau kehilangan isi koli (DEMAGE/SHORTAGE OF CONTAIN)
•Teliti jangka waktu pengajuan klaim (CLAIMDAYS)
•Prosedur penanganan klaim di darat
KLARIFIKASI JENIS BARANG-BARANG BERBAHAYA
•Klarifikasi dangerous goods
•Dangerous goods (DG)
PROSEDUR PENGGANGKUTAN BARANG BERBAHAYA
•Pembatasan penggangkutan barang berbahaya
PROSEDUR PENERIMAAN BARANG DARI PENGIRIM/PEMILIK BARANG KEPADA PERUSAHAAN ANGKUTAN DARAT
•jenis kegiatan
•Pengelompokan freight forwading
•Pihak-pihak yang berkaitan dengan freight forwarder
•Prosedur freight forwader
PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan
Wirausahawan atau dalam bahasa inggris dikenal dengan entrepreneur adalah orang yang melakukan untuk pengadaan produk baru, cara memasarkan serta mengatur permodalan operasinya.
•Sikap dan perilaku wirausaha
MENGANALISIS PELUANG USAHA
Pengertian Analisis Peluang Usaha Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui Apakah usaha tersebut dapat dikerjakan di laksanakan dan memberikan keuntungan di kemudian hari.
Metode yang bisa diterapkan untuk upaya tersebut adalah analisis SWOT analisis SWOT digunakan untuk mengetahui. A. Strength, yaitu kekuatan yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
B. Weakness, yaitu kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha
C. Opportunity yaitu peluang saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan
D. Threath, ancaman apa saja yang terjadi saat memulai usaha seperti munculnya pesaing. Setelah melaksanakan analisis SWOT seorang wirausahawan bisa memberikan kesimpulan tentang usaha atau produk tersebut ke depannya.
Analisa SW 1H
Selain menggunakan Analisis SWOT, seorang wirausaha juga bisa menggunakan analisis lainnya, seperti SW-1H yang terdiri dari
What: Jenis usaha apa yang akan kita ambil Why: Kenapa memilih usaha tersebut
When Kapan akan memulai usaha tersebut
Where Dimana kita akan memulai usaha (lokasinya dimana)
Who: Siapa yang akan terlibat dalam usahanya How: Bagaimana cara membuatnya (proses produksinya)
MENGANALISIS KEBUTUHAN SUMBERDAYA USAHA
SISTEM PRODUKSI PRODUK USAHA
A. Pengiriman manajemen produksi
B. Perencanaan produksi
PRODUKSI LAYANAN USAHA
PENERAPAN PRODUKSI DAN PELAYANAN USAHA
A. Penerapan produksi
B. Perencanaan khusus sebagai pelengkap produksi
C. Pengelolaan persediaan produk
D. Pelayanan pelanggan
MEDIA PROMOSI ONLINE
A. Promosi dalam pemasaran
B. Gambaran usaha offline
C. Media promosi offline
Komentar
Posting Komentar